Suka Duka dalam Pembelajaran Daring - Mazaya Qanita Putri

 

Suka duka dalam belajar daring di SMP Labschool Jakarta – Mazaya Qanita Putri/8A.

 

13/07/2021

 



 

Assalamu’alaikum teman – teman! Sudah sekitar 1 tahunan kita belajar daring atau online. Sebenernya, belajar online itu buat apa sih? Kenapa bukan offline saja? Memang belum aman? Pertanyaan – pertanyaan tersebut mungkin banyak ditanyain oleh warga Indonesia. Kita belajar melalui daring atau online untuk mengurangi korban COVID – 19 yaitu penyakit virus yang sedang beredar dimana – mana. Itulah kenapa di SMP Labschool Jakarta juga dilaksanakan belajar melalui daring atau online. Di blog ini, aku akan membahas mengenai suka dan duka atau pengalamanku selama pembelajaran daring. Jadi, selamat membaca!


Sejauh ini, aku senang  - senang saja belajar daring. Kenapa? Yaa.. karena aku merasa bebas di rumah. Apapun ada di dekatku. Jika aku ingin tidur saat istirahat, ya.. aku bisa tidur! Toilet juga sudah dekat, jadi tidak usah ribet. Hmmm.. apa lagi ya? Makanan juga tidak usah cemas. Karena, bisa menikmati makanan di rumah atau bisa memesan lewat aplikasi seperti go – food. Kita juga dapat sering bertemu dengan keluarga karena dilaksanakannya work from home. Tentu, pasti juga ada yang tidak enak mengenai daring. Seperti, mungkin bertumpuknya tugas, maupun tidak mengerti tentang suatu materi yang diajarkan. Serta, sering tidak fokus saat belajar. Untuk aku, mudah sekali untuk hilang fokus karena teralihnya pikiran ke hal lain selain pelajaran tersebut. Sebenarnya, aku ingin sekolah tatap muka lagi seperti semula. Aku ingin bertemu teman – teman, guru – guru, dan orang – orang lain di sekolah. Selain itu, suasana daring dan tatap muka juga berbeda. Pasti kalian merasakannya juga kan?..

 



Kalau daring kita hanya bisa melihat setengah badan lewat kamera, bahkan ada yang hanya jidadnya saja yang terlihat. Sekarang, kita bahas tentang ujian yuk! Hahaha, tenang aku juga pernah kesusahan kok saat ujian. Ya, tapi setiap perjuangan pasti ada hasilnya juga. Jika kamu sudah berjuang keras, Insya Allah hasilnya juga bagus! Nah kalau selama kelas tujuh daring, aku ujiannya lebih banyak yang pilihan ganda. Ada juga essay, tetapi jarang. Kelas delapan ini, sepertinya ada beberapa yang akan berubah. Kalau tidak salah, misalnya IPS ujian hariannya bermetode lisan dan essay. Kecuali PAT dan PAS. Seingetku katanya begitu. Do’akan aku ya! Semoga lancar – lancar saja.

 

Selama daring, untuk ujian aku lebih terbiasa belajar sendiri. Kecuali ada yang bingung, aku akan bertanya atau minta diajarkan. Untuk acara – acara, tentunya dilaksanakan lewat daring juga. Oh, iya! Untuk belajar daring, Labschool menggunakan zoom, google classroom, dan websitenya Labschool sendiri!




 

 

 

Hmmm.. apa lagi ya yang perlu kita bahas? Suka dan duka sudah, pengalaman juga sudah. Yak, intinya daring atau online itu tidak seburuk yang kalian bayangkan! Memang kadang – kadang kita merasa jenuh di rumah. Untuk itu, carilah hobi baru atau lakukanlah hal yang kamu tidak pernah sempat lakukan selama ini. Semuanya tergantung kalian, bagaimana cara kalian menghabiskan waktu selama online atau daring ini. Kalau aku memang sudah nyaman dan terbiasa di rumah. Jadi, aku tidak terlalu keberatan. Bagaimana dengan kalian? Selama di rumah, atau dimanapun itu kalian melakukan hal baru tidak saat masa daring ini? Ya, semoga semuanya selalu sehat dan dijauhi virus corona ya! Kalaupun kena, tenang saja keep positive! Semoga cepat sembuh, semoga kita dapat sekolah tatap muka seperti dulu lagi. Sudah dulu ya, terima kasih sudah membaca! Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Comments

  1. Baca dan cermati deh Vlog aya.. Polos, ekspresif, seru ! Ternyata lebih banyak suka dari pada dukanya belajar secara daring. Walaupun awalnya struggling juga pada akhirnya anak anao bisa menyesuaikan diri. Bilamana situasi dan jaman pada akhirnya berubah dan menuntut anak2 untuk studi daring, mental dan sikap mereka sudah siap tanpa mengurangi kualitas didik !

    ReplyDelete
  2. Semangat Aya, ..apapun jika dilakukan dengam semangat akan memberikan hasil yang terbaik.

    ReplyDelete
  3. Walau belajar online tetap seru yaa aya.. semangaatt..!!

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, de Aya bisa tetap semangat dalam belajar dengan metode Online, De Aya sptnya dapat beradaptasi dengan baik, dapat mengambil hikmah positive dan mencari solusi jika mengalami kendala dalam metode pembelajaran online. Semoga Pandemic segera berakhir, dan De Aya dapat segera belajar dan berinteraksi secara tatap muka dengan teman teman dan guru guru serta staf di sekolahnya.. Aamiin Yaa Robbal Alamiin..

    ReplyDelete
  5. semoga kita bisa kembali ke sekolah

    ReplyDelete

Post a Comment